Botox

Apa yang dimaksud dengan Botox?

Botox merupakan suatu substansi yang mencegah saraf melepaskan zat kimia yang disebut asetilkolin. Asetilkolin merupakan neurotransmitter yang digunakan saraf untuk mengirim sinyal ke otot dan membiarkan otot berkontraksi. Botox disuntikkan untuk menghilangkan keriput dengan cara menghentikan sinyal saraf, melumpuhkan otot, dan menghaluskan tampilan otot wajah. Botox bertahan hingga 4-6 bulan.

 

Apa keuntungan dari Botox?

Botox tidak hanya memperbaiki penampilan kerutan dan garis termasuk di dalamnya kerutan dinamik di sekitar mata, dahi dan meniruskan pipi yang tembem, tapi juga mencegah terbentuknya keriput yang baru.

Hasil botox akan terlihat dalam beberapa hari. Kerutan dinamik sekitar mata dan dahi akan hilang,pipi yang tembem juga akan menjadi tirus. Dibutuhkan perawatan Botox setiap beberapa bulan pada awalnya, namun untuk selanjutnya otot-otot akan menjadi rileks dan kerutan akan berkurang dari waktu ke waktu.

Botox memiliki downtime yang singkat dan sudah terbukti aman.

 

Hal yang perlu dihindari sebelum melakukan Botox:

Seminggu sebelum melakukan perawatan, hentikan semua obat dan suplemen yang dapat menyebabkan perdarahan di tempat suntikan sehingga bisa menyebabkan memar di daerah perawatan (contohnya NSAID dan fish oil). 24 jam sebelum perawatan, hindari minuman beralkohol dan kafein.

 

Hal yang perlu dilakukan setelah treatment Botox:

Jangan memijat daerah tempat suntikan. Selama 24 jam, hindari terkena panas secara langsung. Tidak boleh tidur terlentang selama kurang lebih 4 jam untuk menghindari migrasi Botox ke daerah lain. Dapat timbul memar kecil di tempat suntikan, dan biasanya akan menghilang setelah beberapa hari.